Snail%20bob%202y8s
Blacy Smiley - Haha Bucktooth













































http://www.khemer.com/media/268/Wild_West_Milkshakes/
facebookFacebook Twitter: twitterTwitter
get this widget here

Rabu, 31 Agustus 2011

e-learning dan contoh e-learning, pilihan cerdas untuk belajar


Dewasa ini, istilah e-learning (electronic learning atau sistem pembelajaran eletronik) sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hal ini seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan manusia akan informasi yang semakin meningkat. E-learning telah dipandang menjadi suatu solusi alternatif untuk memajukan kualitas pendidikan bangsa. Dengan menerapkan metode e-learning, siswa ataupun mahasiswa tidak perlu lagi berlama – lama lagi duduk di ruang kelas untuk mengikuti kegiatan belajar – mengajar seperti biasanya yang terkadang dirasa kurang efektif. Hal ini berarti bahwa pertemuan antara peserta didik dan pengajar menjadi berkurang. Para peserta didik tersebut tidak perlu lagi untuk selalu mendengarkan penjelasan dari guru atau dosen secara langsung.

E-learning dirancang untuk membimbing para peserta didik mendapatkan informasi. Hal ini berarti dengan menerapkan e-learning, fungsi guru maupun dosen tidak menghilang begitu saja. Para peserta didik merasakan bimbingan dari sang pengajar dengan cara mendapatkan materi dari sang pengajar melewati media e-learning. Selain itu, e-learning juga bertujuan untuk membantu para peserta didik dalam mengerjakan tugas – tugas khusus. Contohnya informasi yang menjelaskan tentang sejarah atau fakta yang berhubungan dengan sebuah materi belajar.
E-learning memungkinkan proses pembelajaran lebih kaya dan lebih menarik karena melibatkan banyak media dan menawarkan fleksibilitas kepada para peserta didik dalam belajar. E-learning dapat mengacu pada web-site seperti yang menawarkan skenario belajar, materi belajar, ringkasan materi, lembar-lembar kerja, dan latihan interaktif untuk para peserta didik. E-learning basis Web sekarang ini telah dikembangkan dengan perpaduan multimedia, baik teks, suara, video dan berbagai format aplikasi data lainnya dengan ukuran yang kecil. Hal ini membuat media e-learning menjadi salah satu media belajar yang baik dan akan diminati oleh peserta didik.
E-learning telah membawa angin segar dalam perkembangan dunia pendidikan. E-learning memberikan beberapa keuntungan yang langsung bisa dirasakan para peserta didik. E-learning bisa mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis. E-learning juga menyajikan metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik, sehingga membuat peserta didik dapat menikmati belajarnya. E-learning juga membuat peserta didik dapat berinteraksi baik dengan bahan atau materi maupun dosen / guru / instruktur dan dapat saling berbagi informasi dengan sesama peserta didik. Peserta didik tidak dibatasi dengan ruang dan waktu, jadi kapanpun dan dimanapun mereka bisa belajar. Peserta didik juga tidak dibatasi mengenai frekuensi berbagi dan mengakses bahan – bahan belajar. Hal ini membuat para peserta didik dapat setiap saat memantapkan pemahamannya tentang materi - materi belajar dengan seringnya mereka mengakses media e-learning.
Selain peserta didik, para pengajar yaitu dalam hal ini guru / dosen / instruktur pun juga memperoleh manfaat dari penerapan e-learning. Mereka dapat selalu meng-update atau memperbarui dan menambah materi – materi pembelajaran yang lebih sesuai dengan tuntutan keilmuan yang selalu berkembang. Mereka juga bisa mengembangkan diri guna meningkatkan pengetahuannya dalam bidang ilmu masing - masing. Selain itu, mereka bisa lebih mudah mengontrol kegiatan belajar para peserta didik. Karena dalam komunitas e-learning pada umumnya, terlihat siapa saja pengguna (user) yang online atau yang telah menggunakan layanan e-learning tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar